Sunday 13 June 2010

Report java by date(string) in I Report

Report java by date(string).... judul nya aneh y,hehehehe. maksudnya tu buat laporan java tapi berdasarkan tanggal dengan tipe data date di database dan string di I Report. Sebetulny ni cara ngk efisien...tapi gimana lagi wong mau buat laporan perbulan mendadak(sebearnya ngk terlalu mendadak sih cuman mendadak pingin tau ja)....., Ok.... sekarang kita masuk ke topik.

Sebenarya sama aja kayak pemanggilan report biasanya, setting parameter.... lalu panggil parameter(kurang lebih hampir sama). Disini kita membuat parameter dari field yang sama. misal di database kita punya field tgl_masuk dengan tipe data date di database. maka di I Report kita buat 2 parameter berdasarkan tgl_masuk tu, bisa kita insialkan dengan tgl1 dan tgl2. mudah kan sama kayak pemanggilan parameter biasa. Nanti tinggal masukin query ny lagi dimana kita memanggil suatu file berdasarkan tgl_masuk lalu buat diantara tgl1 dan tgl2. Ok ntar tinggal excexute ja... maka akan tampil data sesuai dengan input tanggal yang dimasukkan. Dari cara diatas kita dapat menyetting pemanggilan dari tanggal berapa, sehingga bisa dijadikan untuk pemanggilan perbulan....hehehehe

Untuk pemanggilanny di java kita bisa gunakan 2 jTextfield,jcombo,ato jcalender....terserah yg mn enakny sih.....,
Hehehehehehe ni bukan untuk orang yang sudah tau...tapi buat orang yang belum tau.wkwkwkwkwkwkwkwk :-) . maaf jika ada yang salah.

nb: untuk yang sudah pernah coba I Report, bagi yang belum coba I Report coba liat tutorial lain di blog ini.hehehe

No comments:

Post a Comment